Tips Penting Untuk Merawat Hand Pallet Anda

Agar alat ini bisa bertahan lama, Anda perlu tahu bagaimana cara merawat hand pallet dengan benar. Karena berbeda dengan forklift yang berupa lift truck, hand pallet memiliki jangka waktu penggunaan dan umur yang jauh lebih panjang.

Jika dilansir dari situs Certify Me, truk forklift bisa bertahan dari 10 ribu jam hingga 20 ribu jam dengan pemakaian normal setiap hari. Sedangkan untuk hand pallet, masa gunanya bisa bertahan 2x lebih lama.

Hal ini dikarenakan hand pallet tidak memiliki komponen mesin sebanyak forklift lainnya. Sehingga lebih sedikit kemungkinan alat ini untuk rusak dan tidak bisa dioperasikan sama sekali. Tapi tentunya, hand pallet hanya akan bertahan lama jika dirawat dan digunakan sesuai aturan.

Apa itu Hand Pallet?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara perawatan hand pallet yang benar, kita bahas dulu sedikit mengenai alat ini.

Beberapa dari Anda pasti sudah tahu bahwa hand pallet merupakan salah satu tipe forklift yang digunakan untuk mempermudah ketika mengangkut barang berat. Anda yang belum pernah bekerja di gudang atau industri sekalipun pasti pernah melihat alat yang satu ini.

Karena berbeda dengan tipe forklift yang lainnya, hand pallet ini sangat mudah ditemui di tempat umum. Bahkan kebanyakan mall, super market dan mini market sekalipun sudah banyak memiliki alat ini.

Dan dibandingkan dengan tipe forklift lain seperti industrial lift truck, hand pallet ini memiliki ukuran yang paling kecil dan mudah digunakan dimana saja, tanpa keahlian khusus dari sang operator, serta tanpa perlu sertifikat dan surat izin dari instansi tertentu.

Bagaimana Cara Merawat Hand Pallet?

Dikutip dari situs Sarana Lifting, setidaknya ada 6 cara merawat hand pallet yang bisa Anda lakukan agar alat ini tidak cepat rusak. Mulai dari dengan memperhatikan ketentuan dan kemampuan alat, membersihkan secara berkala hingga melakukan general check up.

Untuk lebih jelasnya, silahkan terapkan langkah-langkah perawatan hand pallet yang sudah kami jabarkan berikut ini.

 

Gunakan di Tempat yang Sesuai Ketentuan

Perlu diketahui, tidak semua hand pallet bisa digunakan di berbagai jenis permukaan jalan. Ada hand pallet yang hanya bisa digunakan di lantai pelur atau plester dan ada pula yang hanya bisa digunakan untuk permukaan jalan beraspal atau jalanan outdoor.

Memaksa hand pallet yang dibuat khusus untuk lantai plester di jalanan aspal akan merusak roda alat tersebut. Selain itu, Anda juga akan sulit mengendalikan alat ini karena jalannya menjadi lambat dan sering goyang.

Oleh karena itu pahami dulu medan tempat hand pallet yang Anda miliki bisa digunakan. Beberapa jenis hand pallet juga ada yang bisa digunakan untuk indoor maupun outdoor. Sehingga bisa digunakan di lantai mulus maupun yang tidak rata.

 

Jangan Membawa Beban Melebihi Batas

Cara merawat hand pallet yang berikutnya adalah dengan memperhatikan beban maksimal yang bisa diangkut. Sama seperti jenis forklift lainnya, alat ini juga memiliki batas maksimal beban yang bisa dibawa.

Biasanya hand pallet bisa mengangkut beban dari 1 ton hingga 3 atau 5 ton saja. Berbeda dengan jenis forklift truk yang bisa mengangkut lebih dari 25 ton beban secara bersamaan.

Memaksa hand pallet mengangkut barang dengan berat melebih batas maksimal akan membuat garpu atau fork menjadi bengkok dan cepat patah. Itulah mengapa jika Anda membeli hand pallet baru, terdapat buku panduan yang mengatakan agar hanya mengangkut beban di bawah batas maksimal.